Pages

7 Strategi Pembelajar Sukses

Kesuksesan di sini berkaitan dengan kesuksesan dalam konteks belajar baik di sekolah maupun perguruan tinggi. Silakan menyimak..
  • Kenali diri sebagai pemikir dan pembelajar. Kenalilah, kapan dan dimana waktu kita merasa sangat produktif. Kenali pula hal-hal apa saja yang kemudian mengganggu kita. Mengetahui kecenderungan intelektual dan kebiasaan-kebiasaan membantu kita untuk membagi waktu dengan efektif dan akhirnya bisa menjadi lebih produktif.
  • Tetapkan tujuan pribadi pada setiap mata pelajaran/kuliah. Setiap mata pelajaran/kuliah akan semakin mempertajam intelektualitas kita. Oleh karena itu, motivasilah diri untuk menguasai konsep dan keterampilan tentang mata pelajaran/kuliah itu. InsyaAllah nilai yang baik akan menjadi efek samping.
  • Kelola waktu dan konsentrasi kita.  Orang yang merancang jadwal secara detail dan berorientasi tujuan akan menjadi sangat produktif dan jarang mengalami stres. Sekali kita menjadwalkan kalender, fokus dan kemudian baru mengatur urusan dengan orang lain, memberi hadiah pada diri sendiri. Selama masa belajar, matikan semua gangguan,seperti telepon, email, televisi, dsb. Dedikasikan diri hanya untuk satu aktivitas: belajar. 
  • Berpikir seperti seorang profesor. Seorang guru/dosen pasti memiliki alasan mengapa mereka menggunakan sebuah metode atau cara dalam mengajar. Jangan bantah cara yang dia pakai, tetapi lihatlah dari sudut pandangnya.
  • Pelajari lagi catatan sesegera mungkin setelah kelas selesai. Pelajar lupa 50% apa yang mereka pelajari jika mereka tidak mengulagginyalagi dalam 24 jam. Menjadi lupa 65% jika dalam seminggu mereka tidak mereviu kembali. Ya, meskipun hanya reviu yang sangat singkat.
  • Cicil sedikit tugas pada hari pemberian tugas itu. Lebih baik jika langsung direncanakan outline penyelesaian tugas itu. Memulai adalah hal tersulit, oleh karenanya memulai lebih awal akan memberikan waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikan tugas tersebut. 
  • Jelaskan gagasan-gagasan yang sulit, masalah, atau bacaan-bacaan kepada teman. Riset menunjukkan bahwa salahsatu yang paling efektif untuk belajar adalah mengajari. Jika kita mencoba menjelaskan apa yang telah kita pelajari ke orang lain, kita akan mentransfer informasi dari short ke long term memory. Efeknya, tentu kita menjadi jelas mana yang sudah kita pahami dan mana yang belum.
  • Manfaatkan berbagai resource di tempat sekolah/kuliah. Biasanya sekolah atau kampus menyediakan fasilitas yang banyak manfaatnya, seperti perpustakaan, langganan jurnal, dsb. Manfaatkan itu sebaik-baiknya.
Selamat menjadi pembelajar sukses!
Sumber: http://www.princeton.edu/mcgraw/library/for-students/7-strategies/

No comments:

Post a Comment